PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER
PENGERTIAN
PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER
Pembelajaran Berbantuan Komputer (PBK) adalah proses pembelajaran yang
menggunakan aplikasi di komputer dalam proses belajar mengajar. Yang bertujuan
membantu siswa dan guru dalam proses pembelajaran baik melalui pola interaksi
dua arah melalui terminal komputer maupun berbagai arah yang diperluas melalui
jaringan komputer (baik lokal maupun global) dan juga diperluas fungsinya
melalui interface (antar muka) multimedia (Emithu, 2010). Banyak istilah
asing yang menafsirkan diri sebagai PBK antara lain Komputer Assisted
Instruction (CAI), Komputer Based Instruction (CBI), Komputer Assisted Learning
(CAL), Komputer Managed Instruction (CMI), dan Komputer Based Education (CBE)
(Alessi, 1991). Istilah CAI umumnya menunjuk pada semua software pendidikan
yang diakses melalui komputer dimana siswa mendapatkan informasi maupun latihan
dan soal-soal untuk mencapai tujuan pengajaran tertentu dalam system komputer.
Materi pelajaran dapat disajikan program CAI melalui berbagai metode seperti:
tutorial, drill and practice, simulasi, games, problem-solving, discovery dan
inquiry (Heinich et al, 1993).
Kendati penggunaan komputer dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, namun
komputer tidak dapat mengganti peran guru secara keseluruhan, karena peran guru
tidak dapat digantikan oleh media apapun termasuk komputer. Penelitian
menunjukkan bahwa pembelajaran dengan komputer dan guru lebih efektif daripada
\pembelajaran dengan komputer saja atau guru saja (Wihardjo, 2008).
CIRI
PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER
Berikut
adalah cirri-ciri yang terdapat pada Pembelajaran Berbantuan Komputer (PBK) :
1. Siswa
duduk di depan komputer, siswa tersebut menggunakan keyboard untuk memberikan
pendapa dan informasinya ke dalam komputer. Kemudian siswa dapat menyimak dan
berkomunikasi selayaknya proses belajar mengajar di dalam kelas konvensional
melalui monitor komputer.
2. Informasi
atau materi pelajaran disajikan untuk para siswa dan siswa bebas menyerap
materi seluas mungkin. Dan siswa juga bebas melakukan reaksi terhadap materi
yang diberikan pada PBK setelah siswa selesai membaca seluruh materi.
3. Setelah
materi selesai dibaca oleh siswa di layar monitor akan ditampilkan pertanyaan
berbentuk pilihan ganda. Jika siswa menjawab dengan benar, maka akan muncul
pertanyaan yang baru. Namun jika siswa menjawab salah, maka program akan
meminta siswa untuk mengulang kembali materi pelajaran.
Macam-Macam
Pembelajaran Perbantuan Komputer
1.
Tutorial (Penjelasan)
Jenis PBK ini digunakan untuk menyampaikan suatu materi pengajaran.
Tutorial bertujuan untuk menyampaikan atau menjelaskan materi tertentu, dimana
komputer menyampaikan materi, sesuai dengan bahan yang akan diajarkan.
Materi tutorial dapat dibedakan menjadi tutorial linier dan tutorial bercabang
(Hastuti, 1997). Tutorial linier menyajikan suatu topik ke topik berikutnya
sesuai urutan yang telah ditetapkan oleh pemrogram sehingga siswa tidak dapat
memilih materi pembelajaran sesuai keinginan dan kemampuannya. Sebaliknya pada
tutorial bercabang perbedaan individu diperhatikan dengan memberikan kebebasan
pada siswa untuk mempelajari materi sesuai keinginan dan kemampuannya. Dalam
hal ini, tutorial bercabang memiliki kelebihan dibandingkan tutorial linier,
karena:
·
Siswa dapat menentukan materi yang akan dipelajari.
·
Pembelajaran lebih menarik, kreatif dan
fleksibel.
·
Pembelajaran lebih efektif.
2.
Drill and Practice (Latihan dan Praktik)
Jenis
ini digunakan untuk menguji tingkat pengetahuan siswa dan mempraktekkan
pengetahuan mereka, sehingga pembuatannya disesuaikan dengan tingkat kemampuan
masing-masing siswa. Dalam hal ini, siswa bertugas menjawab soal, setelah
selesai menjawab seluruh soal komputer memberikan feedback, atau juga
memberi feedback setelah menjawab satu soal sebelum beralih ke soal berikutnya.
Latihan
dan praktik juga dapat diterapkan pada siswa yang sudah mempelajari konsep
(kemampuan dasar) dengan tujuan untuk memantapkan konsep yang telah dipelajari,
di mana siswa sudah siap mengingat kembali atau mengaplikasikan pengetahuan
yang telah dimiliki.
3. Simulation (Simulasi)
Simulasi digunakan untuk memperagakan sesuatu (keterampilan) sehingga
siswa merasa seperti berada dalam keadaan yang sebenarnya. Simulasi banyak
digunakan pada pembelajaran materi yang membahayakan, sulit, atau memerlukan
biaya tinggi, misalnya untuk melatih pilot pesawat terbang atau pesawat tempur.
Pada perangkat ajar simulasi siswa dihadapkan pada situasi yang mirip dengan
kehidupan nyata. Intinya, dunia nyata dipresentasikan dalam bentuk model dan
kemudian dengan teknik simulasi siswa dapat mempelajari kelakuan sistem.
4.
Games (Permainan)
Berdasarkan
tujuan belajarnya jenis permainan dibagi menjadi dua tipe, yaitu sebagai
berikut:
1.
Permainan Intrinsik (Intrinsic Games)
Mempelajari aturan permainan dan keahlian dalam suatu permainan (games).
2.
Permainan Ekstrinsik (Extrinsic Games)
Permainan
ini hanya sebagai perangkat tambahan sebagai fasilitas belajar dan
membangkitkan motivasi siswa. Dan jenis PBK ini tepat jika diterapkan pada
siswa yang senang bermain dan jika didesain dengan baik sebagai sarana bermain
sekaligus belajar, maka akan lebih meningkatkan motivasi belajar siswa.
Perangkat ajar dapat diimplementasikan dalam berbagai bentuk. Pemilihannya
tergantung pada materi yang akan dibahas, sebab antara materi dan alur
pengajaran terdapat keterkaitan yang erat
REFERENSI
Ariwibowo, Titis.
2011. Pembelajaran Berbantuan
Komputer, (Online), (http://titisaribowo.blogspot.com/2011/06/
pembelajaran-berbantuan-komputer.html), diakses 19 Januari 2013.
Marzuki, Irkham
Maulana. 2012. Pembelajaran
Berbantuan Komputer, (Online),
(http://khanazuki.blogspot.com/2012/12/pembelajaran-berbantuan-komputer.html),
diakses 19 Januari 2014.
Shofiyahalidrus. Pembelajaran Berbantuan Komputer,
(Online) (http://blog.um.ac.id/shofiyahalidrus/edukasi/pembelajaran-berbantuan-komputer/),
diakses 19 Januari 2014.
Utami,
Indah Tri. 2011. Pembelajaran
Berbantuan Komputer (PBK), (Online),
(http://ienimatu.blogspot.com/2011/02/pembelajaran-berbantuan-komputer-pbk.html),
diakses 19 Januari
Komentar
Posting Komentar