PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER

 

PENGERTIAN PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER

            Pembelajaran Berbantuan Komputer (PBK) adalah proses pembelajaran yang menggunakan aplikasi di komputer dalam proses belajar mengajar. Yang bertujuan membantu siswa dan guru dalam proses pembelajaran baik melalui pola interaksi dua arah melalui terminal komputer maupun berbagai arah yang diperluas melalui jaringan komputer (baik lokal maupun global) dan juga diperluas fungsinya melalui  interface (antar muka) multimedia (Emithu, 2010). Banyak istilah asing yang menafsirkan diri sebagai PBK antara lain Komputer Assisted Instruction (CAI), Komputer Based Instruction (CBI), Komputer Assisted Learning (CAL), Komputer Managed Instruction (CMI), dan Komputer Based Education (CBE) (Alessi, 1991). Istilah CAI umumnya menunjuk pada semua software pendidikan yang diakses melalui komputer dimana siswa mendapatkan informasi maupun latihan dan soal-soal untuk mencapai tujuan pengajaran tertentu dalam system komputer. Materi pelajaran dapat disajikan program CAI melalui berbagai metode seperti: tutorial, drill and practice, simulasi, games, problem-solving, discovery dan inquiry (Heinich et al, 1993).

            Kendati penggunaan komputer dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, namun komputer tidak dapat mengganti peran guru secara keseluruhan, karena peran guru tidak dapat digantikan oleh media apapun termasuk komputer. Penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan komputer dan guru lebih efektif daripada \pembelajaran dengan komputer saja atau guru saja (Wihardjo, 2008).

 

CIRI  PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER

Berikut adalah cirri-ciri yang terdapat pada Pembelajaran Berbantuan Komputer (PBK) :

1.  Siswa duduk di depan komputer, siswa tersebut menggunakan keyboard untuk memberikan pendapa dan informasinya ke dalam komputer. Kemudian siswa dapat menyimak dan berkomunikasi selayaknya proses belajar mengajar di dalam kelas konvensional melalui monitor komputer.

2. Informasi atau materi pelajaran disajikan untuk para siswa dan siswa bebas menyerap materi seluas mungkin. Dan siswa juga bebas melakukan reaksi terhadap materi yang diberikan pada PBK setelah siswa selesai membaca seluruh materi.

3.  Setelah materi selesai dibaca oleh siswa di layar monitor akan ditampilkan pertanyaan berbentuk pilihan ganda. Jika siswa menjawab dengan benar, maka akan muncul pertanyaan yang baru. Namun jika siswa menjawab salah, maka program akan meminta siswa untuk mengulang kembali materi pelajaran.

 

Macam-Macam Pembelajaran Perbantuan Komputer 

1. Tutorial (Penjelasan)

            Jenis PBK ini digunakan untuk menyampaikan suatu materi pengajaran.  Tutorial bertujuan untuk menyampaikan atau menjelaskan materi tertentu, dimana komputer menyampaikan materi, sesuai dengan bahan yang akan diajarkan.

            Materi tutorial dapat dibedakan menjadi tutorial linier dan tutorial bercabang (Hastuti, 1997). Tutorial linier menyajikan suatu topik ke topik berikutnya sesuai urutan yang telah ditetapkan oleh pemrogram sehingga siswa tidak dapat memilih materi pembelajaran sesuai keinginan dan kemampuannya. Sebaliknya pada tutorial bercabang perbedaan individu diperhatikan dengan memberikan kebebasan pada siswa untuk mempelajari materi sesuai keinginan dan kemampuannya. Dalam hal ini, tutorial bercabang memiliki kelebihan dibandingkan tutorial linier, karena:

·                     Siswa dapat menentukan materi yang akan dipelajari.

·                     Pembelajaran lebih menarik, kreatif dan fleksibel.

·                     Pembelajaran lebih efektif.

 

2. Drill and Practice (Latihan dan Praktik)

Jenis ini digunakan untuk menguji tingkat pengetahuan siswa dan mempraktekkan pengetahuan mereka, sehingga pembuatannya disesuaikan dengan tingkat kemampuan masing-masing siswa. Dalam hal ini, siswa bertugas menjawab soal, setelah selesai menjawab seluruh soal  komputer memberikan feedback, atau juga memberi feedback setelah menjawab satu soal sebelum beralih ke soal berikutnya.

Latihan dan praktik juga dapat diterapkan pada siswa yang sudah mempelajari konsep (kemampuan dasar) dengan tujuan untuk memantapkan konsep yang telah dipelajari, di mana siswa sudah siap mengingat kembali atau mengaplikasikan pengetahuan yang telah dimiliki.


3.   Simulation (Simulasi)

            Simulasi digunakan untuk memperagakan sesuatu (keterampilan) sehingga  siswa merasa seperti berada dalam keadaan yang sebenarnya. Simulasi banyak digunakan pada pembelajaran materi yang membahayakan, sulit, atau memerlukan biaya tinggi, misalnya untuk melatih pilot pesawat terbang atau pesawat tempur.

            Pada perangkat ajar simulasi siswa dihadapkan pada situasi yang mirip dengan kehidupan nyata. Intinya, dunia nyata dipresentasikan dalam bentuk model dan kemudian dengan teknik simulasi siswa dapat mempelajari kelakuan sistem.

 

4.   Games (Permainan)

Berdasarkan tujuan belajarnya jenis permainan dibagi menjadi dua tipe, yaitu sebagai berikut:

1. Permainan Intrinsik (Intrinsic Games)

            Mempelajari aturan permainan dan keahlian dalam suatu permainan (games).

2. Permainan Ekstrinsik (Extrinsic Games)

Permainan ini hanya sebagai perangkat tambahan sebagai fasilitas belajar dan membangkitkan motivasi siswa. Dan jenis PBK ini tepat jika diterapkan pada siswa yang senang bermain dan jika didesain dengan baik sebagai sarana bermain sekaligus belajar, maka akan lebih meningkatkan motivasi belajar siswa. Perangkat ajar dapat diimplementasikan dalam berbagai bentuk. Pemilihannya tergantung pada materi yang akan dibahas, sebab antara materi dan alur pengajaran terdapat keterkaitan yang erat

 

REFERENSI

Ariwibowo, Titis. 2011. Pembelajaran Berbantuan Komputer, (Online), (http://titisaribowo.blogspot.com/2011/06/ pembelajaran-berbantuan-komputer.html), diakses 19 Januari 2013.

Marzuki, Irkham Maulana. 2012. Pembelajaran Berbantuan Komputer, (Online), (http://khanazuki.blogspot.com/2012/12/pembelajaran-berbantuan-komputer.html), diakses 19 Januari 2014.

Shofiyahalidrus. Pembelajaran Berbantuan Komputer, (Online) (http://blog.um.ac.id/shofiyahalidrus/edukasi/pembelajaran-berbantuan-komputer/), diakses 19 Januari 2014.

Utami, Indah Tri. 2011. Pembelajaran Berbantuan Komputer (PBK), (Online), (http://ienimatu.blogspot.com/2011/02/pembelajaran-berbantuan-komputer-pbk.html), diakses 19 Januari

Komentar